Batu Hitam Illegal di Kirim melalui Pelabuhan Bitung, Aktivis : Tangkap Pemilik Lubang

by -971 Views

Polemik Batu Hitam Illegal asal Kabupaten Bonebolango seolah tak ada habisnya, setelah beberapa kali di gagalkan pihak KSOP Gorontalo pengiriman batu hitam illegal saat ini melalui pelabuhan bitung provinsi sulawesi utara.

Salah seorang sopir truck yang tak ingin namanya disebutkan menuturkan, setiap minggu dirinya bisa mengangkut dua sampai tiga kali matrial batu hitam dari suwawa menuju provinsi sulawesi utara, karena muatannya banyak jadi kami pangge truk yang lain, untuk bayaran muatan sampai amurang itu 6 juta rupiah sekali muat, ungkapnya.

menurutnya lagi, untuk keamanan dijalan sampai lokasi tujuan para sopir ini merasa aman karena sudah ada jaminan dari bos pak Riston, yang tidak lain merupakan kawan dekat Kapolda Irjen A.R Yoyol, “kalau soal keamanan dijalan itu juga yang kami minta, tapi selama ini bos muatan sudah jamin karena diperbatasan atinggola itu yang ditangkap cuma captikus saja kalau batu hitam milik pak riston aman”.

Menanggapi pertambangan illegal yang tidak menemui solusi kongkrit sampai saat ini, Irwan Mooduto salah seorang aktivis lingkungan di Bonebolango angkat bicara.

Menurut Irwan, dibutuhkan ketegasan dan komitmen seluruh APH di Gorontalo agar persoalan Batu Hitam Illegal ini mendapat solusi.

selama ini yang di proses hukum hanyalah investor illegal namun pemilik lubang tambang yang menyediakan, mengambil, menumpuk material illegal batu hitam hanya di biarkan saja, bahkan mirisnya pengusaha tambang illegal justru diberikan angin segar oleh Kapolda Gorontalo Irjen A.R Yoyol, ujar irwan.

Kapolda Gorontalo Irjen A.R Yoyol bersama penambang illegal

Beberapa kali kami melihat Kapolda Gorontalo Irjen A.R Yoyol datang ke rumah pengusaha tambang illegal, seharusnya mereka ini di tangkap karena terkait kasus batu hitam , mereka sudah beberapa kali dipanggil untuk diperiksa namun selalu lolos dari jerat hukum, tegas irwan.

Masih menurut irwan, untuk memutus mata rantai pertambangan illegal batu hitam di Bonebolango, jangan hanya pembeli yang ditangkap tapi juga pemilik lubang tambang illegal sebagai penyedia batu hitam harus di tangkap dan jebloskan ke penjara.

pemilik lubang tambang illegal batu hitam kabupaten bonebolango

penambang illegal batu hitam melakukan aktivitas di lahan kontrak karya milik PT. Gorontalo Mineral, hasilnya di jual ke investor illegal yang tidak ingin melakukan investasi digorontalo namun hanya mengambil secara illegal, bagaimana perlindungan terhadap invesor yang legal yang telah mengurus semua administrasi, perizinan dan memberikan dampak positif untuk daerah.

selama ini batu hitam diangkut keluar gorontalo tanpa ada regulasi, hanya bermodal foto dengan Kapolda Gorontalo Irjen A.R Yoyol seolah itu merupakan izin sehingga bebas melakukan aktivitas ini yang harus di proses hukum, tutup irwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.