Meski Tersandung Gratifikasi PETI , Irjen A.R Yoyol masih dipertahankan Kapolda Gorontalo, Pengamat : Ada aroma politik untuk kepentingan capres-cawapres ?

by -6700 Views

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi sejumlah perwira tinggi (pati) hingga perwira menengah (pamen). Total ada 513 pati hingga pamen yang dimutasi.
Mutasi itu tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023.

Dalam surat telegram bernomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023 terdapat empat Kapolda yang dimutasi masing-masing :

Kapolda NTT Irjen Johanis Asadoma dimutasikan sebagai Analis Kidang Misinter Divhubinter Polri.

Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga diangkat sebagai Kapolda NTT. sementara, jabatan Kapolda Papua Barat dijabat Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir yang sebelumnya menjabat Karojianstra Sops Polri.

Kapolda Sulawesi selatan Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri, persiapan penugasan luar struktur. sedangkan penggantinya adalah Irjen Andi Rian R Djajadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalsel.

Kapolda Kepri Irjen Tabana Bangun dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang STIK Lemdiklat Polri, Jabatan Kapolda Kepri digantikan oleh Brigjen Yan Fitri Halimansyah.

Sementara itu, Kapolda Gorontalo Irjen A.R Yoyol yang selama ini menjadi sorotan publik terkait vidio viral diduga Kapolda Gorontalo menerima upeti 700 juta rupiah dari pertambangan illegal di Kabupaten Pohuwato justru tidak dimutasi , bahkan pertambangan illegal di Kabupaten Pohuwato disebut sebut sebagai salah satu pemicu kerusuhan yang menyebabkan terbakarnya kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Pohuwato pada 21 september 2023.

Ironisnya, meski tersandung perkara dugaan gratifikasi dari perkara pertambangan illegal di Gorontalo dan telah di laporkan ke KPK dan Tipikor Polda Gorontalo oleh sejumlah aktivis dan LSM, serta menjadi sorotan publik di berbagai pemberitaan media, Irjen A.R Yoyol masih di kokoh berdiri tegak memegang tongkat komando sebagai Kapolda Gorontalo.

Hal ini menuai sorotan pengamat Kepolisian Adi Cokro Wibowo, menurutnya ada kejanggalan sehingga Kapolda Gorontalo yang tersandung berbagai persoalan gratifikasi masih dipertahankan.

Menurut Adi, jangan salahkan publik jika muncul spekulasi Kapolda Gorontalo di pertahankan walaupun tersandung perkara gratifikasi, hanya untuk kepentingan pilpres 2024.

Sumber : Akun twitter Opposite

sekarang ini lagi viral disejumlah pemberitaan persoalan netralitas Polri yang disinyalir mendukung salah satu capres-cawapres, bahkan beberapa hari belakangan beredar artikel diagram yang mengulas dugaan keterlibatan Kapolda mendukung capres-cawapres tertentu, ungkapnya.

Masih lanjut adi, jika melihat jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di provinsi Gorontalo tidak mempengaruhi perolehan suara nasional, namun yang perlu di ingat adalah syarat menang satu putaran pasangan capres-cawapres harus memenuhi syarat 50 persen dan lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia paling sedikit suara di setiap provinsi 20 persen, sehingga posisi Kapolda yang DPTnya sedikit justru merupakan penentu kemenangan dalam pileg 2024.

Menurut Pasal 416 UU Pemilu, pasangan capres-cawapres dinyatakan menang satu putaran apabila memenuhi beberapa hal seperti berikut ini :

(1) Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen) dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20% (dua puluh persen) suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 1/2 (setengah) jumlah provinsi di Indonesia.

Apabila pasangan capres-cawapres tidak memenuhi syarat 50 persen dan lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia paling sedikit suara di setiap provinsi 20 persen, maka akan dilanjutkan pilpres putaran kedua sebagaimana diatur dalam UU Pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.